Analisa Kinerja Bersinyal Pada Jalan Pasca Perubahan Arus Di Kota Medan

  • Danu Arismunandar Universitas Islam Sumatera Utara
  • Marwan Lubis Universitas Islam Sumatera Utara
  • Hamidun Batubara Universitas Islam Sumatera Utara

Abstract

Transportasi merupakan kegiatan yang penting bagi masyarakat. Dari banyak hal, kualitas hidup masyarakat salah satunya dipengaruhi oleh transportasi dan akses ke tempat kerja, tempat belanja, dan tempat hiburan atau pergi kuliah. Transportasi menunjang terlaksana nya berbagai kegiatan masyarakat sehingga kendaraan pribadi menjadi suatu kebutuhan, Lokasi penelitian simpang empat  ini merupakan simpang empat tidak bersinyal tanpa median dengan rincian sebagai berikut: Selatan ( jalan Balai Kota ), Timur ( jalan perintis kemerdekaan), Utara (jalan Putri Hijau), Barat (jalan Guru Patimpus, Hasil analisis operasional pada simpang bersinyal pertemuan jalan balai kota dan jalan guru patimpus, jalan balai kota dan jalan putri hijau serta jalan perintis kemerdekaan dan jalan guru patimpus, jalan perintis kemerdekaan dan jalan putri hijau kondisi aktual diperoleh data bahwa arus stabil, volume sesuai jalan kota,pada simpang tersebut menunjukan (DS) sebesar 0,58. Karena adanya perubahan dari pemerintah kota medan dari simpang bersinya ke simpang tak bersinyal maka dari itu analisis operasional pada simpang tak bersinyal saat ini dari jalan balai kota – jalan guru patimpus, jalan balai kota – jalan putri hijau, jalan balai kota – jalan perintis kemerdekaan arus stabil, volume sesuai jalan kota, Hasil analisis pada simpang tak bersinyal saat ini menunjukan (DS) sebesar 0,50. Untuk operasional pada simpang tak bersinyal untuk 5 tahun ke depan di peroleh data bahwa simpang tersebut mempunyai kinerja lalu lintas mendekati arus tidak stabil,kecepatan rendah, Hasil. pada simpang tak bersinyal saat ini menunjukan (DS) sebesar 0,75.

Published
2023-06-18
How to Cite
Arismunandar, D., Lubis, M., & Batubara, H. (2023). Analisa Kinerja Bersinyal Pada Jalan Pasca Perubahan Arus Di Kota Medan. Jurnal Aspirasi Teknik Sipil, 1(1), 25-32. https://doi.org/10.35438/aspal.v1i1.6